Ragam Budaya Suku Kamoro

Ragam Budaya Suku Kamoro

 Seni ukir, musik dan tarian adalah nafas yang melekat pada kehidupan suku Kamoro.
Ragam Budaya Suku KamoroSalah seorang warga Kamoro dengan pakaian adatnya (Okke Kurniawan/Kompas TV)

Seorang lelaki berusia 40 tahun, terlihat sedang asik mengukir sebuah gelondongan kayu sepanjang 1,5 meter. Tangan kanan yang memegang palu, terlihat beberapa kali memukul kepala pahat, yang digenggam dengan tangan kiri. Mata pahat mengiris badan kayu, membentuk suatu pola tertentu. Setelah beberapa lama, terlihat motif apa yang sedang ia gambar di kayu itu: Buaya dan komodo.

Lelaki ini bernama Titus, warga Suku Kamoro, satu suku yang bertempat tinggal di distrik Iwaka, sekitar 60 kilometer dari Timika, Papua.

Seni ukir dan Suku Kamoro, memang dua hal yang tak bisa dipisahkan. Dalam kesehariannya, warga Kamoro biasa membuat berbagai jenis ukiran, untuk bermacam keperluan. Perisai, dayung, mangkuk sagu, gendang, dan barang-barang sehari-hari lainnya, mereka buat dengan begitu indahnya. Selain itu mereka juga membuat ukiran khusus. Wemawe, patung yang berbentuk manusia dan mbitoro, totem yang dibuat untuk para leluhur, adalah kreasi para seniman ukir Kamoro yang sulit dicari tandingannya di dunia. Segala ukiran ini mereka buat dengan dua tujuan: untuk perangkat upacara adat dan juga untuk mereka jual.

Warga Kamoro mendapat ide motif ...Warga Kamoro mendapat ide motif ukiran dari bermacam sumber. (Okke Kurniawan/Kompas TV)

Warga Kamoro mendapat ide motif ukiran dari bermacam sumber. “Saya dapat ide dari legenda suku kami, dari khayalan dan bahkan dari mimpi,” kata Titus. Dari sumber-sumber idenya inilah, Titus dan warga Kamoro lainnya, kemudian memahat kayu, membentuk bermacam motif, semisal hewan, hutan, pantai atau sungai.

Iklan

Penulis: Bennyw10

I am a man who likes adventure and independence, wants to share information and the internet business

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s