Menerobos Segmen Pasar Turis Jepang di Raja Ampat

Waisai, Raja Ampat Pos – Jabato Bali Tours merupakan sebuah perusahaan tours & travel yang khusus menangani turis Jepang dan turis Asia yang  ingin menikmati perjalanan di Indonesia. Melihat keindahan alam di Raja Ampat yang sudah terkenal di dunia ini membuat PT Jabato ingin menjajaki bisnisnya di Raja Ampat,   hal tersebut disampaikan oleh Account Manager Potensial Garuda Indonesia Air Lines, Dida, Jumat (9/4/2016) di Waisai.

Menurut Dida, Raja Ampat memiliki potensi besar untuk mendatangkan turis Jepang. “Saat ini keberadaan turis Jepang di Indonesia sudah memasuki angka 14 ribu. Mereka ini (turis Jepang, red) belum sepenuhnya merambah Indonesia. Nah, dengan potensi Wisata yang luar biasa disini (Raja Ampat, red), kami beharap bisa bekerja sama dengan pemerintah maupun masyarakat Raja Ampat untuk mendatangkan para turis ini,” jelas Dida.

Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di dunia yang perlu dikembangkan dari segi ketersediaan paket-paket wisata untuk turis Jepang dan Asia. “Selama ini yang saya lihat paket-paket wisatanya masih untuk turis lokal sedangkan untuk turis luar seperti dari Jepang maupun Asia belum dimaksimalkan. Ini yang ingin kami garap,” tutur Dida.

Menariknya, lanjut Dida tingkat kemahalan paket wisata ke Raja Ampat yang membuatnya bersama PT. Jabato datang untuk melihat secara langsung kondisi alam Raja Ampat. Setelah di Raja Ampat ternyata tidak semua paket wisata dijual mahal, ujar Dida.

Sedangkan Manajer sales marketing PT. Jabato, Sayuri Takesima mengatakan selain wisata Diving maupun Snorkeling, Wisata alam dan budaya memiliki daya tarik yang tidak diragukan lagi di Raja Ampat. “Tidak semua turis Jepang menyukai wisata Diving. Ada yang tertarik dengan wisata alam dan kebudayaan,” ujar Sayuri Takesima.

Dari hasil survey yang dilakukan, Sayuri akan segera mempresentasikan kepada pihak Jabato yang menangani komunitas turis Jepang di Indonesia. “Kami ingin melihat ketersediaan hotel dan homestay di Raja Ampat sebagai faktor pendukung pariwisata,“ jelasnya.

Account Manager Domestic Route, Syaiful Bahri yang menangani rute perjalanan wisata Garuda Air Lines mengatakan, selama ini rute wisata masih terfokus di wilayah Sumatera, Jawa dan sekitarnya. Untuk wilayah Papua Barat khususnya Raja Ampat masih tahap survey. “Yang menjadi persoalan dalam rute wisata ini adalah, saat datang penumpang full (penuh, red) namun saat kembali banyak kursi yang kosong. Ini yang akan kami pikirkan lagu untuk bisa mengatasi hal tersebut,” jelas Syaiful.

Sementara itu CEO Nitkke Tour & Travel di Raja Ampat, Yos Awom mengatakan kedatangan PT. Jabato Tour, ingin melihat potensi-potensi wisata di Raja Ampat untuk ditawarkan kepada komunitas turis Jepang dan Asia. Hal pertama ialah, ketersediaan infrastrukur (Hotel-hotel dan penginapan, red) pendukung pariwisata dan lokasi-lokasi wisata yang bisa didatangi. Yang kedua ialah untuk mengetahui paket-paket wisata apa saja yang ada di Raja Ampat. Dengan demikian lanjut Yos, pada saat mendatangkan para turis PT. Jabato tidak lagi mengalami kesulitan karena minim informasi.

Tahun 2015, ada sekitar belasan ribu wisatawan manca Negara (Eropa, red) yang masuk Raja Ampat sedangkan dari Asia khususnya Jepang masih minim, tutur Yos Awom, mantan anggota DPRD kabupaten Raja Ampat periode 2009-2014.

Ia menambahkan bahwa berdasarkan data diatas tersebut, membuka peluang bagi pemerintah bekerjasama dengan PT. Jabato Tour untuk mendatangkan para turis Jepang ke Raja Ampat.(Ric)

Apr 12, 2016
Iklan

Penulis: Bennyw10

I am a man who likes adventure and independence, wants to share information and the internet business

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s